Mari Mengenal Ruang Layanan Koleksi Budaya Nusantara dan Eksekutif Lounge di PNRI



Siapa yang sudah pernah ke PNRI? Kalau sudah, pernah berkunjung ke layanan apa saja? Nahh disini saya mau bahas tentang Layanan Koleksi Budaya Nusantara dan Eksekutif Lounge pada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia loh. Penasaran gak? Kalau begitu yuk ikutin tulisan ini terus ya!

Layanan Koleksi Budaya Nusantara dan Eksekutif Lounge pada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menempati lantai paling atas yaitu lantai 24. Layanan ini menerapkan sistem layanan terbuka dimana pemustaka bebas mengakses koleksi dan memanfaatkan fasilitas yang ada. 

Sesuai dengan namanya “Eksekutif Lounge” merupakan area eksekutif yang diperuntukan untuk presiden, wakil presiden, dan tamu negara lainnya ketika berkunjung ke PNRI. Tetapi jangan khawatir, kita sebagai pemustaka biasa atau pengguna biasa tetap masih bisa mengunjunginya.








Pada layanan Kolekesi Budaya Nusantara ini terdapat beberapa area loh, seperti area koleksi, area membaca di dalam ruangan maupun di luar (rooftop) dimana kita dapat menikamti pemndangan kota Jakarta dari atas, area pelayanan, area diskusi berjumlah 2 ruangan, area eksekutif lounge, area toilet, dan area pameran. Ada hsatu hal yang perlu kalian ketahui nih, untuk mengunjungi dan berdatang ke Layanan Koleksi Budaya Nusantara dan Eksekutif Lounge ini pengunjung harus mempunyai kartu anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia karena sebelum masuk ke ruangan tersebut kartu anggota perpustakaan akan dititipkan pada meja penerimaan yg ada pada lantai tersebut. Selain itu, pada area layanan ini tidak ada kriteria khusus pemustaka yang diperbolehkan masuk, semua kategori umur diperbolehkan masuk tetapi tetap harus menggunakan kartu anggota perpustakaan. 

Pada area layanan perpustakaan dan area kegiatan insidentis (pameran dan ruang pertemuan) sudah dilakukan pemisahan di setiap areanya dimana area pameran terdapat di depan dan posisinya di sebelah area layanan. Ruangan yang ada di layanan ini terkesan luas, penempatan setiap perabotan mudah ditemukan dan tidak mempersulit ruang gerak pemustaka. Pada area layanan dan area pameran bersebelahan tanpa adanya sekat berupa dinding menjadikan kedua ruangan tersebut terlihat lebih luas. 

Pada area koleksi berada di kedua pojok ruangan dengan rak bermaterial besi. Untuk menjangkau koleksi yang ada di rak pun mudah karena ukuran rak penyimpanan koleksi tidak terlalu tinggi. Pada ruang baca dan ruang diskusi disedaikan meja dan kursi yang nyaman serta kokoh terdapat pula stopkontak. Pada area Eksekutif Lounge meja dan kursi terkesan mewah dibanding dengan yang lainnya dan terdapat lukisan yang menghiasi area tersebut. Sumber pencahayaan yang terdapat di layanan ini berasal dari cahaya matahari dan lampu. Pada area membaca dan Executive Lounge pencahayaan yang didapatkan merata karena ditempatkan berdekatan kaca sedangkan pada area koleksi berada di pojok ruangan dan pencahayaannya pun tidak merata karena sedikitnya cahaya matahari dan lampu yang masuk ke area tersebut

Pada ruang layanan ini didominasi dengan warna yang netral seperti warna putih dan coklat beraksen kayu, hmm adem deh dipandang mata. Sesuai dengan kriteria penggunanya layanan pada ruangan ini terkesan lebih mewah dibanding dengan layanan yang lainnya, warna yang netral membuat aksen ruangan lebih luas dan tidak terkesan berlebihan selain itu dengan warna yang netral membuat rileks para penggunanya dan enak dipandang mata.

Waahhh sepertinya nyaman sekali ya untuk dikunjungi. Makanya, mulai dari sekarang harus rajin – rajin lagi main ke PNRI ya guys, sekian dan terimakasih..

Komentar

  1. Ruangannya sangat cocok untuk membaca, nyaman dan tidak bising, salah satu ruangan favorit saya, terimakasih ya

    BalasHapus
  2. Wah ternyata ada ya tempat seperti ini. nice info

    BalasHapus
  3. ruanganya memang sangat nyaman dan membaca kita disana bisa lebih fokus

    BalasHapus
  4. Memang sangat nyaman membaca disana

    BalasHapus

Posting Komentar