Perpustakaan Sepi? Gak Usah Khawatir!!


Banyak diantara kalian semua pasti jenuh dan bosan kalau lama – lama di perpustakaan kan? Ya gakkk? Iya kan??? Hehehe. Perpustakaan sendiri memang gak jauh dari kata bosan, jenuh, monoton dll. By the way… kalian tahu gak sih kenapa kita bisa cepat bosan? Ya karena perpustakaan yang kita kunjungi situasi dan pemandangannya berasa monoton dan itu – itu aja. Akibatnya perpustakaan juga akan sepi dari pengunjung.

Perpustakaan seharusnya didesain semenarik dan sebagus mungkin agar meningkatkan minat pengunjung dan membuat pengunjung merasa nyaman saat dikunjungi. Bagaimana sih caranya biar perpustakaan ramai pengunjung dan gak monoton?? Caranya gampang banget, kita dapat mendesain perpustakaan sesuai dengan keinginan kita lhooo agar bagus dan menarik. Nah, dalam mendesain perpustakaan kita mulai dari warna terlebih dahulu. Saran saya sih, pilih warna yang netral seperti putih, coklat, hitam, abu – abu, dll. Dengan pemilihan warna yang netral ini perpustakaan agar terlihat lebih elegan tetapi, kita harus padukan dengan aksesoris atau pajangan dan poster – poster lainnya agar terlihat lebih bagus dan menarik.






Selain itu, kita juga harus perhatikan penataan buku dan koleksi lainnya. Penataan buku dilakukan dengan sebaik dan serapi mungkin. Jangan sampai ada buku atau koleksi yang tercecer juga loh, karena itu merusak pemandangan hehe. Oh iya, jangan lupa pasang wifi atau jaringan internet agar para pengunjung dan pengguna dapat lebih mudah dalam mencari informasi yang dibutuhkannya pada layanan internet ketika di perpustakaan dan lebih nyaman dan betah untuk berlama – lama di perpustakaan.

Tidak hanya itu, bentuk rak buku juga harus di desain semenarik mungkin. Menurut saya kalau hanya berbentuk kotak saja sepertinya sudah biasa, nah kali ini kita mendesainnya dengan bentuk yang berbeda misalnya seperti bentuk pohon beserta dahan – dahan pohon yang akan digunakan untuk menaruh buku dan koleksi yang lainnya. 

Untuk koleksi jangan lupa untuk terus diperbaharui atau diupdate sesering mungkin agar para penggunanya dapat memenuhi kebutuhan informasinya dan tidak kudet (kurang update) dalam menyesuaikan kebutuhan informasinya. Dan yang terjahir ada space (ruang). Space (ruang) sangat penting untuk perpustakaan. Disarankan agar memperhatikan kursi, meja, dan segala macam sarana yang ada dalam perpustakaan di tata dengan baik agar tidak banyak memakan ruang. Selain itu, space disesuaikan juga dengan ukuran perpustakaannya yaa….

Nah itu dia hal – hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan pengunjung perpustakaan dan membuat perpustakaan nyaman dan pewe. Mulai dari sekarang gak usah takut lagi deh perpustakaan kalian sepi karena kita dapat mendesainnya dengan semenarik dan sebaik mungkin!


Komentar

  1. Keren, ini Bisa jadi referensi buat pustawakan muda.

    BalasHapus
  2. Bermanfaat sekali informasinya,thanks ya

    BalasHapus
  3. wah ini nih yang dibutuhkan pustakawan masa kini..

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat kak infonya untuk para pustakawan

    BalasHapus
  5. Kalo diadain live music di perpus biar rame ga boleh ya?

    BalasHapus

Posting Komentar