Untuk Menambah Pengetahuan, Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Jakarta Mengadakan Workshop SLiMS Bagi Mahasiswanya


Sebelumnya kalian semua sudah tahu belum apa itu SLiMS? Pasti kalian di sini bertanya – tanya kan apasih SLiMS? Apa SLiMS itu aplikasi? Bagaimana sih cara menggunakannya? Buat apasih? Iya bukan? Iya kan? Iya dong… hehehe pasti kalian semua kepo kan bagi yang belum tahu. Nah okelah kalau begitu, berdasarkan judul diatas… yap! Benar sekali. Pada tulisan kali ini saya akan membahas seputar Workshop SLiMS yang diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta.

Pertama – tama kita harus tau apa itu pengertian SLiMS sendiri. Nah… Senayan Library Management System atau biasa disebut (SLiMS) adalah perangkat lunak perpustakaan yang pertama kali dikembangakn dan digunakan oleh perpustakaan Kemendikbud. Saat ini, SLiMS telah banyak digunakan oleh berbagai perpustakaan di Indonesia termasuk perpustakaan sekolah.

Untuk itu, prodi Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta mengadakan workshop SLiMS bagi mahasiswanya. Workshop ini diadakan di Teater Prof Dr. Bustami Abdul Ghani Fakultas Adab dan Humaniora dan dihadiri oleh lebih dari 90 orang mahasiswa wowww peserta yang mengikuti kegiatan workshop ini ternyata banyak juga yaaahhh. Dalam workshop ini, mahasiswa diberikan pemahaman seputar aplikasi SLiMS ini. Sebagai pembicara, Muhammad Azwar, M. Hum. menjelaskan berbagai aplikasi yang digunakan dalam otomasi perpustakaan diantaranya: KOHA, IGLOO, OPEN ALIBIO, dll




           



         Gak Cuma itu doang loh, disini mahasiswa juga diajarkan bagaimana cara memasang atau menginstall SLiMS di laptop masing – masing. Tujuan workshop ini bukan lain yaitu untuk memberikan pengalaman bagi mereka dalam menerapkan aplikasinya yang akan mereka gunakan dalam dunia kerja nantinya. Setelah aplikasi berhasil terpasang pada laptop masing – masing, mahasiswa diminta untuk menginput beberapa buku – buku ke dalam aplikasi SLiMS tersebut untuk mempraktikkan pelajaran yang didapat di kelas. 

       Mahasiswa diajarkan teknik input di aplikasi agar nantinya semua buku di perpustakaan Prof. Dr. Nurcholish Madjid terinput dalam katalog online, jadi semua orang dapat mengakses koleksi Cak Nur tersebut. Kegiatan workshop kali ini juga mengembangkan misi dalam proses input buku – buku di perpustakaan Cak Nur yang koleksinya masih belum terinput dalam katalog online.

        Dari pembelajaran SLiMS ini, perpustakaan FAH nantinya akan melibatkan mahasiswa dalam menata dan menginput buku ke dalam katalog online yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang yang ingin tahu dan belajar membangun pemikiran Prof. Dr. Nurcholish Madjid.

     Nah bagaimana teman – teman semua? Bagi kalian yang ingin sekali belajar menggunakan SLiMS saran saya sih kalua ada workshop seperti ini wajib banget buat kalian ikutin karena pasti dapat ilmu banyak lohh!!! Oh iya, kalau masih kepo seputar workshop ini, kalian bisa cek di website FAH UIN Jakarta dan linknya ada dibawah…. Sekian dulu ya teman – teman, terimakasih sampai bertemu di tulisan selanjutnya!!!
           









Komentar

Posting Komentar