Jarang diminati, Ternyata Jurusan Ilmu Perpustakaan Mempunyai Prospek Kerja yang Menjanjikan Lhooo


      Ilmu Perpustakaan, setelah mendengar kata tersebut pikiran kalian langsung tertuju pada buku, rak – rak buku, dll. Saya sebagai mahasiswi Ilmu Perpustakaan terkadang merasa bosan ketika ditanya oleh orang – orang banyak  contohnya sperti “ Jurusan Ilmu perpus ngapain aja tuh? Apa aja yang dipelajarin? Kalau udah lulus kerja apa? Jaga perpustakaan? Apa nyusun buku doang?” Jujur, setelah saya mendengar pertanyaan seperti itu dalam hati saya agak sedikit dongkol. Ya jadi dapat diambil kesimpulan kalau ternyata banyak orang yang belum mengetahui betul apa itu jurusan Ilmu Perpustakaan.

  
Jurusan Ilmu Perpustakaan merupakan satu – satunya program studi yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga profesional dalam bidang pengelola perpustakaan yang menjadikan perpustakaan sebagai objek kajiannya
Oke baik, saya akan mengulas tentang prospek kerja jurusan Ilmu Perpustakaan, tapi saya ingin bagi kalian semua yang masih beranggapan kalau lulusan Ilmu Perpustakaan hanya bekerja menjaga perpustakaan atau sekedar menyusun buku di rak, mending buang jauh – jauh pikiran seperti itu muali dari sekarang ya😉…..





Walaupun lulusan jurusan Ilmu Perpustakaan diperuntukkan sebagai tenaga profesional perpustakaan, tetapi tidak hanya untuk itu saja karena banyak prospek kerja bagi lulusan Ilmu Perpustakaan yang orang banyak belum tahu.
Sebagai lulusan jurusan Ilmu Perpustakaan, pekerjaan pertama yang dikenal yaitu sebagai Pustakawan. Eits, tetapi tidak hanya itu loh, selain itu ada juga peluang kerja sebagai Arsiparis yang peluangnya juga cukup besar. Kenapa bisa jadi Arsiparis? Ya karena dalam jurusan Ilmu Perpustakaan terdapat mata kuliah yang membahas seputar arsip. Web Designer atau Programmer juga termasuk peluang kerja bagi lulusan Ilmu Perpustakaan karena seperti diatas tadi, jurusan Ilmu Perpustakaan juga dibekali tentang ilmu – ilmu teknologi informasi, bahkan sudah banyak universitas sekarang yang menggunakan nama jurusan Ilmu Perpustakaan dengan Informasi seperti pada jurusan saya sendiri yaitu Ilmu Perpustakaan dan Informasi.
Tidak hanya itu, lulusan Ilmu Perpustakaan juga bisa bekerja sebagai Sekretaris yaitu ahli dalam kegiatan mengindex pada dokumen – dokumen di perusahaan nantinya.
Nah dari pemaparan diatas sudah jelas bukan? Jadi buat kalian jangan pernah memandang jurusan Ilmu Perpustakaan hanya dengan sebelah mata. Sebenarnya banyak peluang kerja yang ditawarkan dan cukup menjanjikan tetapi wawasan kalian kurang luas mengenai jurusan Ilmu Perpustakaan. 
Sekian dan terima kasih dari saya hehehe😀

Komentar

Posting Komentar