Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini


Diantara kalian semua disini, pasti ada yang punya hobi membaca buku bukann? Entah itu buku pelajaran, buku cerita, komik, dll. Kalian tahu gak? Buku itu memiliki peran penting bagi kehidupan kita loh. Nah, terlepas dari buku, kegiatan membaca juga termasuk kegiatan yang tidak asing lagi untuk didengar. Selain menambah wawasan, membaca juga dapat dijadikan hobi bagi sebagian orang. Dengan membaca kita dapat mengetahui hal – hal yang sebelumnya sebelum kita ketahui menjadi kita ketahui. Selai itu, membaca juga memiliki peran penting bagi kehidupan kita.

Kegiatan membaca dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun kita mau. Tetapi kalau kita perhatikan amat sangat disayangkan, di zaman yang semakin berkembangnya teknologi yang canggih ini, justru minat baca seseorang semkain berkurang terutama pada anak. Dengan adanya gadget ataupun perangkat teknologi lainnya, anak semakin malas untuk membaca, padahal banyak sekali manfaat yang kita dapat dari membaca. Mereka lebih memilih untuk memainkan gadgetnya untuk hal – hal yang dirasa gak begitu penting. Seperti main game misalnya.








Anak – anak zaman sekarang entah kenapa sangat fanatic sekali dengan game yang ada pada gadgetnya. Bahkan, mereka bisa bertahan dan betah seharian hanya untuk main game di gadgetnya. Tetapi untuk membaca buku? Malahan sebaliknya. Untuk menyentuh buku saja malas sekali rasanya, terutama pada anak remaja. Benar bukan?? hahahaha
Maka dari itu sebaiknya peran kita sebagai orang tua terhadap anak sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan dan menumbuhkan minat baca sejak dini. Nahh disini ada beberap hal yang perlu diperhatikan bagi kita semua loh, yuk kita simak baik – baik.

 Hal – hal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut:
1.    Bimbing anak untuk membaca setiap harinya sekitar 10 sampai 15 menit, dan buat kegiatan membaca menjadi seru dan semenarik mungkin supaya anak itu sendiri gak cepet bosan.
2.    Memilih cerita yang tidak monoton contohnya cerita dengan berbagai gambar dan karakter yang disukai oleh anak.
3.    Tidak disarankan untuk memaksa anak agar mau membaca
4. Biarkan anak berpendapat atau berkomentar dalam memberikan ide – ide terhadap cerita yang ia baca.

Hal – hal seperti diatas tadi penting loh guys buat diingat dan di perhatikan, sebab…. Dengan dilakukannya beberapa hal seperti diatas diharapkan anak dapat memiliki minat baca yang tinggi sejak dini, karena dengan seiring berjalannya waktu kebiasaan membaca dapat dilakukan oleh anak sampai ia besar dan terbiasa nantinya.

Komentar

  1. waw menarik sekali, semoga jadi tambah banyak minat baca pada se usia dini yaaa, semangat nulisnya! :)

    BalasHapus
  2. Semoga nilai tugasnya tinggi ya

    BalasHapus
  3. Gemar membaca akan menambah wawasan lebih luas

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat, untuk refrensi minat baca anak

    BalasHapus
  5. membaca sejak usia dini itu penting

    BalasHapus
  6. Memang harus di biasakan sejak usia dini membaca itu

    BalasHapus
  7. Wah iya nih anak anak sekarang pada males baca

    BalasHapus

Posting Komentar