Bingung Mau Kuliah Jurusan Apa? Berikut 5 Tips Dalam Memilih Jurusan Kuliah


Duh mau kuliah dimana ya? Mau jurusan apa ya? Kira – kira nanti sanggup gak ya kalau kuliah di jurusan ini? Pertanyaan itu seringkali muncul dari siswa/siswi SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya ke bangku perkuliahan. Ya… memang sih memilih jurusan buat kuliah itu gak mudah. Banyak kasus dimana ketika mahasiswa itu sudah masuk pada jurusan yang mereka pilih tapi lama – kelamaan mereka ngerasa bosan bahkan ada perasaan menyesal karena merasa salah dalam memilih jurusan. 
Maka dari itu, bagi kalian semua para siswa dan siswi SMA yang masih ragu, bimbang, galau merana dalam memilih jurusan kuliah dan ingin melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan, saya akan berikan beberapa tips yang lumayan jitu agar gak menyesal pada akhirnya dalam memilih jurusan kuliah.








1.    Jangan Ikut – ikutan dengan Teman atau Orang Lain
Nah…. pasti disini banyak kan diantara kalian yang gak pingin pisah sama temen lamanya ketika di SMA atau malas untuk berkenalan lagi dengan teman baru. Hal itu sebaiknya dihindari mulai dari sekarang karena kita harus memilih jurusan berdasarkan keinginan pribadi kita, bukan karena ikut – ikutan dengan teman atau orang lain.

2.    Sesuaikan dengan Kepribadian Diri Sediri
Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda – beda. Ada yang pendiam, periang, dll. Sebaiknya kalian harus sesuaikan dengan kepribadian kalian masing – masing. Misalnya, seperti kalian yang memiliki kepribadian agak penakut ataupun sangat takut terhadap hal – hal yang berhubungan dengan darah, dan lain semacamnya ingin masuk jurusan kedokteran. Nah, karena dijurusan ini kalian sebagai dokter harus pemberani serta bertanggung jawab dalam mengambil keputusan dan mengeksplor kemampuan kalian, untuk yang memiliki kepribadian penakut sepertinya tidak cocok untuk masuk ke jurusan ini.

3.    Melihat Latar Belakang Lulusan
Setelah lulus dari bangku perkuliahan pastinya kalian ingin cepat – cepat untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai bukan? Nah sebaiknya cari tahu terlebih dahulu latar belakang lulusan tersebut, karena latar belakang lulusan juga akan berpengaruh dengan karir kalan juga nantinya.

4.    Motivasi dalam Diri Sendiri
Motivasi dalam sendiri itu sangat penting. Di haruskan kalian memiliki motivasi untuk menjalankan pendidikan di bangku perkuliahan sampai selesai dan lulus tepat waktu.

5.    Biaya Kuliah
Dalam memilih jurusan kuliah juga harus mempertimbangkan biayanya. Sesuaikan dengan budget atau kemampuan yang dimiliki orangtua kalian, meskipun dapat mencari beasiswa, tetapi tidak semua anak mendapatkan beasiswa dengan mudah.

Itulah beberapa tips dari saya yang dapat jkalian pertimbangkan untuk memilih jurusan kuliah. Perlu dicatat nih, kalian gak boleh asal – asalan untuk memilih jurusan kuliah karena akan merugikan diri sendiri juga nantinya. Sebaiknya ikuti apa kata hati sendiri, apa yang kalian mau, dan apa yang menurut kalian yang baik buat kalian ya……
             

Komentar

Posting Komentar